HomeProgramming5 framework PHP paling populer 2019 beserta penjelasan singkatnya

5 framework PHP paling populer 2019 beserta penjelasan singkatnya

PHP atau hypertext preprocessor adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk membangun aplikasi berbasis website, PHP sudah ada sejak lama dan masih digunakan sampai sekarang ini. Alasan kenapa PHP banyak digunakan salah satunya adalah karna adanya framework-framework yang bisa digunakan dengan keunggulannya masing-masing, berikut daftar framework PHP yang mungkin kalian sukai atau mungkin kalian patut coba:

Laravel

Framework ini muncul tahun 2011 dan sekarang sukses menjadi framework paling populer di dunia,. Disamping gratis dan dikenal aman framework Laravel juga bisa dibilang lebih cepat dari segi performa dibandingkan framework lain, inilah alasan kenapa banyak sistem yang bisa dikatakan cukup kompleks menggunakan frameowrk Laravel ini. Kenapa memilih Laravel? Singkatnya Laravel akan mempermudah proses development seperti sessions, routing, caching dan authentication. Alasan lain untuk menggunakan framework satu ini adalah:

  • Laravel cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang menunutut kita untuk menggunakan backend yang kompleks, baik untuk apl;ikasi dengan skala kecil atau besar. Instalasi Laravel juga cukup mudah dengan menggunakan Homestead, paket vagrant box lengkap yang siap untuk diinstal.
  • Fitur Laravel juga dipenuhi oleh fitur-fitur yang akan membantu kita memodifikasi atau mengimprovisasi aplikasi yang kompleks atau ribet. Contoh penggunaannya adalah pada saat migrasi data, MVC, pengaplikasian security, proses routing, template engine, dan lain-lain.
  • Laravel sangat cocok untuk kalian para developer yang ingin membangun B2B atau website enterprise yang harus selalu “keep up” dengan trend website.

CodeIgniter

CodeIgniter terkenal dengan filenya yang kecil, sekitar 2MB, itu juga sudah dengan file dokumentasi. CodeIgniter cocok digunakan untuk website dinamis dengan module-module siap pakai untuk membantu proses pengembangan komponen aplikasi. Alasan menggunakan framework CodeIgniter:

  • CodeIgniter dengan kemudahannya saat diinstall, ringan dan tidak pakai ribet, sangat cocok untuk developer pemula.
  • Fitur utamanya yang sudah termasuk MVS architecture, security tools bawaan dan dokumentasi yang okay punya.
  • Kalau dibandingkan dengan framwork lain, sebetulnya CodeIgniter bisa dibilang cepat, maka dari itu CodeIgniter cocok untuk dijalankan di server yang tidak begitu besar.

Symfony

s

Framework ini biasanya dipakai para senior programmer ya, karna munculnya aja tahun 2005, Symfony masih menjadi salah satu framework PHP yang reliable dan dikenal sebagai satu-satunya framework yang patuh terhadap PHP dan standarisasi web sampai ke akar-akarnya. Kenapa Symfony? Alasannya adalah:

  • Cocok untuk mengembangkan aplikasi berskala besar, mudah dalam penggunaan dan instalasi.
  • Salah satu fitur utamanya adalah component PHPnya yang dapat digunakan kembali. Symfony juga mendorong datasabe engine-independence, stabil, dan bisa diintegrasi dengan vendor library lain.
  • Symfony juga fleksibel dan bisa diintegrasikan dengan system lain seperti Drupal. Pada dasarnya, Symfony dan Laravel memiliki beberapa kemiripan dan fitur yang unik, hal ini menyebabkan sulitnya untuk memutuskan framework mana yang lebih bagus.

Yii

Tahu kah kamu kalau Yii itu artinya adalah Yes It Is? Biar pun artinya sederhana namun memiliki makna yang luas. Yii dikenal sangat evolutionary dan sederhana. Dari segi performa sudah tidak diragukan lagi karna banyak aplikasi modern yang menggunakan Yii. Yii cocok untuk semua jenis aplikasi yang menyebabkan Yii menjadi salah satu universal programming network. Berikut alasan kenapa Yii patut dicoba:

  • Sekali lagi Yii adalah salah satu framework yang easy to install. Dari segi keamanan Yii cocok sekali untuk aplikasi e-commerce, portals, CMS, forums dan lain-lain.
  • Yii juga memiliki performa yang cepat dan kerennya lagi Yii bisa membuat para programmers untuk tidak menuliskan statements SQL yang sama terus-menerus, hal ini dikarenakan para programmer dapat mengubah data database dalam ruang lingkup objek.
  • Dengan komunitas yang bejibun, Yii mendapat banyak dukungan dan kontribusi, kita juga bisa curhat di forum Yii dan mendapat bantuan.

CakePHP

Yang satu ini cocok buat developer yang mau sistem simple dan elegant. CakePHP akan sangat mantap digunakan untuk menghasilkan desain aplikasi yang indah tanpa mengurangi fitur. Sebagai tambahan, CakePHP adalah salah satu framework yang paling mudah untuk digunakan. CakePHP sudah ada disekitar awal 2000an dan sudah berkembang pesat sejak itu. Kenapa CakePHP?

  • Pastinya simple, installasinya saja hanya membutuhkan server dan copy file frameworknya.
  • Dari segi security, seperti SQL Injection Prevention atau pencegah SQL Injection, input validation, cross-site request forgery protection, dan XSS atau cross-site scripting sudah termasuk dalam CakePHP.

Framework mana yang bagus?

Menggunakan framework akan mempermudah dan memaksimalkan proses development, tiap-tiap framework juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada baiknya dalam hal memilih framework untuk mempertimbangkan dari segi security, documentation, dan review dari berbagai programmers, framework satu bisa sangat bagus untuk aplikasi tertentu, begitupula sebaliknya.

No comments

leave a comment